Returnil Virtual System 2008 Personal Edition

windowslivewriterreturnilvirtualsystem2008personaledition-de0ereturnil-logo-2662ae3e-973c-4420-9fa2-8b034cb99f35Bagi yang biasa menggunakan jasa warnet, mungkin pernah mendapati bahwa kita diberi kebebasan menginstall aplikasi-aplikasi yang kita inginkan terpasang saat menjelajah internet. Tapi, ketika keesokan harinya kita menggunakan komputer yang sama dalam warnet tersebut, program tersebut sudah tidak ada lagi. Tidak hanya itu, bookmark dan history yang kita tambahkan di browser semua lenyap. Mungkin juga file-file yang kita simpan pun turut lenyap. Ya, komputer kembali ke kondisi yang sama seperti saat kita belum menggunakannya. Dari yang saya lihat, pengelola warnet banyak yang menggunakan software Deep Freeze untuk keperluan tersebut. Software tersebut bukan freeware dan harus membeli lisensinya, kecuali sekedar untuk mencoba dalam masa trial-nya.

Sejenis dengan Deep Freeze, software untuk keperluan memproteksi system ini bisa digunakan secara gratis, meskipun untuk keperluan penggunaan di warnet sepertinya tidak bisa karena software ini bersifat free untuk personal use, penggunaan pribadi dan tidak dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Nama software ini adalah Returnil Virtual System 2008 Personal Edition.
Returnil Virtual System 2008 Personal Edition (RVS 2008) mengusung teknologi virtualisasi yang dapat digunakan untuk memproteksi partisi sistem. Misalnya saja Windows terinstall dalam partisi sebagai drive C, maka ketika RVS 2008 diaktifkan, semua perubahan dalam drive C akan hilang dan sistem kembali ke kondisi awal sebelum RVS diaktifkan saat booting komputer berikutnya. Memang, semua perubahan status ON dan OFF dari RVS 2008 akan berlaku pada booting komputer berikutnya. Keterbatasan pada hanya partisi sistem dengan tidak adanya opsi memproteksi partisi lainnya, saya lihat merupakan satu kekurangan yang dimiliki.

Kapan saat digunakan? Dari yang saya baca melalui websitenya, software ini dapat digunakan untuk kepentingan keamanan atau security dari komputer. Misalnya saja, ada kemungkinan ketika digunakan baik oleh sendiri atau oleh orang lain kita khawatir akan adanya infeksi virus atau program berbahaya lainnya ke sistem, maka kita dapat mengaktifkan RVS 2008 ini, dan pada saat booting berikutnya sistem telah kembali ke kondisi semula.

windowslivewriterreturnilvirtualsystem2008personaledition-de0ereturnil-75925f0e-9d8c-4ca0-b890-4533215b4d12Begitu juga ketika kita ingin sekedar mencoba-coba software yang belum jelas aman atau tidaknya, maka kita bisa mencoba menginstall lebih dahulu saat RVS 2008 aktif, melihat cocok tidaknya software tersebut, begitu juga aman atau tidaknya. Ketika di rasa cocok dan aman, baru kita menginstall dengan RVS dinonaktifkan lebih dahulu.
windowslivewriterreturnilvirtualsystem2008personaledition-de0ereturnilb-86436e47-b481-4517-bc12-8463e7987632
Mengingat proteksi dilakukan pada partisi sistem secara keseluruhan, semua perubahan seperti penambahan atau penghapusan file pada partisi tersebut akan kembali ke kondisi semula saat booting termasuk penambahan dalam folder My Documents jika masih berada daam patisi sistem. Sedangkan untuk partisi lainnya yang mungkin ada seperti partisi dengan drive D atau E yang bukan partisi sistem, masih dapat dilakukan perubahan pada saat RVS 2008 aktif. Bagi komputer yang hanya memiliki satu partisi, disediakan fasilitas virtual partition yang dapat diberi label sebagai drive Z atau lainnya. Gunanya, partisi ini sama seperti partisi non sistem, jadi pada saat RVS 2008 aktif maupun tidak aktif, kita dapat melakukan penyimpanan pada drive ini, misalnya ketika RVS aktif, kita masih dapat menyimpan file yang didownload dan masih bisa membukanya kemudian.

Dan yang penting untuk jangan sampai dilupakan adalah ketika menggunakan komputer, kita tahu status RVS 2008 ini, jangan sampai ketika aktif kita menginstall software yang benar-benar ingin diinstall dan kemudian baru sadar bahwa RVS aktif dan kita harus mengulang pekerjaan yang sama.

Jika memang software tersebut akan bermanfaat untuk keperluan Anda, Anda dapat membaca lebih jauh tentangnya dan mendownloadnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: